Search This Blog

Mengenal Software Aset Management

Senin, 28 Desember 2009 ·

Apa itu SAM ?
SAM, adalah sebuah infrastruktur dan proses yang dibutuhkan peusahaan untuk mengontrol dan melakukan penataan dan pengelolaan yang efektif atas software yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk perlindungan terhadap asset perusahaan serta menghindari pelanggaran hukum atas penggunaan software bajakan. SAM membantu organisasi untuk memahami dan mengelola asset software yang dimilikinya dengan tujuan untuk meningkatkan performa perusahaan. SAM juga membantu perusahaan untuk menghitung dan mengalolasikan anggaran proyek TI dengan tepat dan efisien guna menghasilkan nilai yang kompetitif.

SAM memiliki 4 langkah prosedur administrative yang dikembangkan untuk memungkinkan organisasi mengoptimalkan kegiatan dan investasi di bidang TI ke tingkat kehandalan dan keamanan yang memadai serta mampu mengurangi biaya-biaya dalam kegiatan TI yang tidak diperlukan.

Empat langkah administrative tersebut diantaranya :
1. Lakukan inventarisasi software
Dimulai dengan survey dan pencatatan seluruh software yang diinstal di desktop, tempat kerja maupun di server perusahaan. Kumpulkan catatan instalasi tersebut dalam 1 laporan. Anda dapat melakukan inventarisasi secara manual maupun menggunakan tools online untuk mendeteksi software secara otomatis.
2. Sesuaikan software dengan lisensinya
Setelah Anda mengidentifikasi software yang digunakan, langkah berikutnya adalah menyesuaikan jumlah lisensi yang dimiliki dengan jumlah software yang diinstal. Ini akan memudahkan Anda mengetahui apakah kelebihan atau kekurangan lisensi.
3. Review kebijakan dan prosedur
Sekarang Anda telah mengidentifikasi apa saja software yang dimiliki dan dimana saja diinstal. Langkah berikutnya adalah mereview serta menyusun kebijakan dan serta prosedur penggunaan software termasuk tata tertib bagi karyawan untuk menggunakan software yang benar. Beberapa hal yang biasanya dimuat dalam kebijakan penggunaan software adalah termasuk cara penginstalan, pemakaian dan cara memperbaikinya.
4. Siapkan petunjuk dan kembangkan rencana SAM
Langkah terakhir adalah menyusun rencana , membuat daftar kepustakaan media-media dari software yang sudah berlisensi serta buat agar perusahaan Anda tetap mengupdate software terbaru.

0 komentar:

Posting Komentar

informasi lowongan pekerjaan

Sponsors

 

IcyBlue | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By Simrandeep Singh